Langsung ke konten utama

Tak Ada yang Kebetulan

Cerita Pengalaman
oleh Anne Heryane

Assalammualaikum, wr. Wb. 

Kali ini aku mau bercerita tentang kejadian hari ini. Barangkali ada hikmah yang bisa diambil oleh siapa pun yang membaca cerita ini. 

Jadi begini, menjelang sore hari aku pergi ke atm BRI terdekat di daerah tempat tinggalku. Ke sana aku mengendarai sepeda karena lumayan jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar satu kilometer.

Jalanan pada sore hari ini memang lumayan macet karena banyak orang yang baru pulang kerja. Ini membuat perjalananku menjadi kurang nyaman. Selama ini aku menghindari polusi udara dan kebisingan jalan raya dengan selalu bersepeda pagi. Namun, kali ini karena suatu keperluan aku terpaksa ke luar sore dan menghadapi suasana yang tak begitu kusukai.

Usai mengambil uang di atm, aku berniat membeli sabun cuci soalnya sabun yang ada di rumah sudah habis. Selain itu, aku juga mau beli susu buat anak bungsuku. Mumpung bersepeda sendiri. Kebetulan Azzam, anakku yang baru berusia dua tahun,  sedang tidur saat kutinggal pergi. Aku menitipkannya pada anak sulungku, Ghazy, yang menurutku sudah cukup bisa dipercaya. Aku pun pergi tak akan lama.

Aku mampir dulu ke Indomaret untuk membeli sabun dan susu. Ketika sampai di parkiran kebetulan ada tenda tempat menjajakan barang-barang jualan. Ternyata sedang ada promosi.

Jadi ada beberapa barang dimasukkan ke dalam satu plastik kemudian dijual dengan harga lebih murah. Kebetulan ada sisa satu plastik lagi. Isinya detergent so klin dengan berat 1.8 kg ditambah Pewangi pakaian Royale by So Klin 800 ml dan sabun cuci piring Ekonomi Power Liquid  800 ml. 

Harga normalnya Rp73.000 karena promosi jadi Rp43.000. Jadilah aku beli satu, lumayan lebih hemat sih meskipun tahu banget ini trik dagang. Itulah yang membuat ibu-ibu tertarik membelinya karena terkesan lebih murah.

Seorang karyawan Indomaret bertanya "Apakah ibu sudah punya akun klik Indomaret?" 
"Belum," Jawabku
"Jadi hari ini sedang ada promosi sekaligus voucher gratis sebesar Rp20.000," jelasnya. 
Tambah berbinar nih mata aku mendengar istilah gratis. 
"Tapi ibu harus belanja minimal 100 ribu biar bisa dapat voucher tersebut dan harus punya akun klik Indomaret dulu," tambahnya lagi. 
"Ohh... Begitu, oke deh kalau gitu," ujarku mengiyakan. 
"Hari ini saja ya Bu berlaku promosinya," ujarnya lagi
"Iya, baiklah!"

Duhh, pinter sekali ya membuat konsumen tergerak membeli. Aku jadi merasa seperti korban yang sering dikadalin. Hehe. Tapi ya sudahlah, nasib menjadi konsumen.

Karena aku tadi sudah membeli satu plastik barang promosi, minyak kelapa tropikal yang isi dua liter, dengan total harga 60 ribu. Berarti aku harus belanja sekitar 40 ribuan lagi. Jadilah aku membeli tambahannya, yaitu sabun mandi,  pasta gigi, shampo, susu kental manis bendera, dan susu bubuk Frisian Flag untuk usia 1-3 tahun.

Dihitunglah satu per satu barang belanjaan. Jadi totalnya hampir 150 ribu. Langsung aku dibantu karyawan mendownload aplikasi klik dan sekaligus mendaftar serta menggunakan akunnya langsung.
Ternyata akun klik Indomaret ini semacam akun untuk belanja online. Jadi kalau kita mau belanja ke Indomaret lagi. Tidak perlu capek-capek ke luar rumah. Tinggal klik-klik barang yang mau dibeli. Nunggu dikirim ke rumah deh. Pembayarannya bisa pakai sistem Cash on Delivery (COD) dengan kata lain bayar di tempat. Wah, tambah simpel dan praktis hidup ini, ya?
Selama ini aku biasa berbelanja online suatu peralatan/perlengkapan dan pakaian itu di Shopee, Buka Lapak, dan Lazaada. Nah, sekarang, bisa membeli kebutuhan sehari-hari secara online pula. Mantap!

Setelah punya akun klik Indomaret aku dapat potongan voucher dan promosi barang. Jadi, aku akhirnya membayar sekitar Rp120.000. Maklum ya namanya ibu-ibu paling suka sama yang gratisan atau diskonan. Hehe. Hal yang kebetulan ini pun cukup membuat aku senang pada hari ini. 
Coba pikir deh, kalau tidak ada keperluan hari ini rasanya aku tak mungkin ke luar rumah. Terus, kalau saja anakku tidak ingin minum susu, kalau saja sabun di rumah tidak habis, mungkin aku tak akan mampir ke Indomaret. Andaikan tidak hari ini aku ke Indomaret aku tak akan dapat harga promosi dan voucher gratis belanja di Indomaret. Kebetulan sekali, kan?

Pertanyaannya, adalah ada berapa kata kebetulankah pada wacana di atas? Benarkah kebetulan itu ada? (Berasa ulangan deh, hihi)

Menurutku, sebagai seorang muslim, tak ada loh istilah kebetulan dalam hidup ini. Jadi kata kebetulan diralat jadi qadarullah saja ya, yang artinya atas ketetapan Allah. Semua yang terjadi itu tidak terlepas dari kehendak dan ketetapan Allah. Telah tertulis apa-apa yang menjadi rizki, jodoh, maut, dan suka duka hidupnya.  Ya, seperti yang kualami hari ini.

Memang udah rizki aku kali ya dapat voucher belanja Rp20.000. Hehe Jangankan rizki yang besar, daun kering yang terjatuh pun itu telah tertulis sebelum manusia diciptakan. Sampai sedetil itukah? Masya Allah. 

Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi? Bahwasanya yang demikian itu terdapat dalam sebuah kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah” 
(QS. Al Hajj:70).

Wallahua'lam Bisshawwab


#KomunitasODOP
#OneDayOnePost
#ODOPBatch7

Komentar

Ashima Meilla Dzulhijjah mengatakan…
Setuju mbak, di dunia ini tidak ada yang kebetulan hehe
Catatananne@blogspot.com mengatakan…
Iya Mbak makasih ya 😊
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
waaah alhamdulillah rejekinya :)
Catatananne@blogspot.com mengatakan…
Iya Alhamdulillah Kak Atiqoh. Terima kasih ya teman-teman 😊

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Mengikuti Educamp Bagi Anak

oleh Anne Heryane Foto:dok.pribadi Setiap orang tua tentu berharap anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Kecerdasan anak yang beragam perlu diasah untuk kesuksesannya kelak. Salah satu kegiatan yang mampu mengasah kemampuan berpikir, bersosialisasi, kemandirian, tanggung jawab, disiplin, dan kekuatan fisik anak adalah dengan kegiatan educamp. Kegiatan educamp merupakan kegiatan berkemah di alam terbuka yang diselenggarakan oleh pihak sekolah atau training center. Selain berkemah, anak-anak melakukan kegiatan hiking, memasak, dan permainan-permainan mendidik serta menantang lainnya yang membangun jiwa kepemimpinan anak.  Kegiatan berkemah di sekolah identik dengan kegiatan ekskul pramuka. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk anak-anak. Manfaatnya antara lain, Menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan alam sekaligus menjaganya dari kerusakan.  Melatih kemandirian, kedisiplinan, dan kepemimpinan  Mengasah kemampuan untuk mencari solusi dari setiap masalah yang di

Pekan Pertama Anak Bersekolah TK

                                  Foto: dok. pribadi Tiba saatnya yang ditunggu-tunggu, melihat anak pertama kali masuk sekolah di Taman Kanak-Kanak. Sebagai orang tua tentunya saya merasa antusias sekali menanti momen seperti ini. Begitu pula anak-anak yang akan melaksanakan kegiatan tersebut penuh semangat menyambut hari pertamanya bersekolah.  Kali ini yang masuk sekolah taman kanak-kanak adalah putra ketiga kami, namanya Muhammad Azzam. Alhamdulillah tak terasa waktu berlalu hingga sampailah saat di mana anak bungsu kami mulai memasuki pendidikan formalnya, yakni sekolah TK.  Kami memutuskan untuk menyekolahkan Azzam di TK Amanah Bunda jaraknya kira-kira 150 meter dari rumah. Cukup dekat memang. Sekolah ini memiliki konsep pendidikan yang bag us. Guru-gurunya lulusan universitas ternama. Meski letaknya di desa dan biayanya cukup ramah di kantong, kualitasnya tak kalah dengan sekolah TK di perkotaan.  Alhamdulillah Azzam sudah menginjak usia lima tahun sekarang. Azzam semangat sekal

My First 22 Kilometers (Pencapaian Pertama dalam Olahraga Bersepeda)

Cerita Pengalaman Oleh Anne Heryane Assalammualaikum Wr. Wb. Hello...everybody!  Sudah week end aja lagi nih. Semangat menjalani rutinitas ya! Jangan lupa sempatkan buat olahraga yess. Bagaimana pun sibuknya kamu, fisik harus terus dijaga supaya kondisi badan kamu tetap prima. Well, kali ini emak-emak rempong mau berbagi pengalaman berolahraga  sepeda nih. Sepertinya sih cucok buat materi tantangan ODOP pekan pertama. Let's rock, Baby! Siapa di sini yang suka bersepeda? Ayo tunjuk tangan. Rata-rata semua orang Indonesia dari yang imut-imut sampai yang amit-amit, eh..dari anak-anak, dewasa, sampai orang tua suka bersepeda. Setidaknya, pas kanak-kanak kamu suka main sepeda kan? Pastinya dong. Main sepeda itu asyiknya juara dah. Jangan bilang kalau terakhir kali kamu bersepeda pas usia SD atau SMP.  Hehe Bersepeda itu bukan cuma buat anak-anak loh. Bersepeda itu salah satu alternatif olahraga yang fun and healthy buat semua orang. Jangan merasa tua untuk b