Langsung ke konten utama

Masak Ayam Goreng, Yuk!

Foto: Www.Pixabay.com

Hello, Guys! Welcome back to my blog with emaks rempong. Yeaayyy! 

Kali ini emaks mau berbagi resep menu favoritnya anak-anak. Dari yang muda ampe yang tuirr pasti syukkaa menu legendaris ini. Ok, cekidot!

Ini dia, Resep Ayam Goreng Spesial Ala Emaks Rempong. Hehe. 

Resep Ayam Goreng Spesial

Siapkan dulu bahan-bahannya ye, Mak. Jangan lupa belanje ke pasar subuh-subuh ye biar gak keabisann bahan memasak! Hihi.

Oke lanjuutt...! 

Bahan-Bahan:
1. Daging Ayam 1 Kg
2. ‎Bawang Merah 5 siung. 
3. ‎Bawang Putih 3 siung
4. ‎Jahe satu ruas jari
5. ‎Kunyit tiga ruas jari
6. ‎Laos satu ruas jari
7. ‎Salam dan serai 1 lembar
8. ‎Garam secukupnya
9. ‎Air secukupnya

Cara Membuat:
Pertama, cuci daging ayam yang sudah dipotong-potong sampai bersih lalu simpan di dalam panci. Siapkan bahan bumbu uleknya (bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit). Lalu, ulek sampai halus. Selanjutnya, bumbu ulek dimasukkan ke dalam panci berisi daging ayam yang sudah bersih.

Tuangkan sedikit air sampai kira-kira daging ayam tertutupi permukaan air. Masukkan salam, laos, dan serai yang sudah digeprek ke dalam panci tersebut. Lalu, rebus daging ayam sekitar 15 menit atau hingga bumbu menyerap.


Menjelang panci diangkat, masukkan garam lebih kurang satu sendok makan. Aduk-aduk bersama daging ayam yang baru direbus. Garam ini sebaiknya dibubuhkan usai daging ayam matang. Karena, garam memang tidak bagus kalau dipanaskan terus-menerus. Hal itu bisa membuat garam menjadi zat beracun. 



Selanjutnya, angkat panci dan diamkan sampai agak dingin boleh disimpan dulu di lemari es. Jadi, tinggal digoreng saat hendak makan. Setelah ayam digoreng dan ditiriskan, segera hidangkan untuk suami dan anak-anak tercinta. Lengkapi dengan sayur mayur ya biar gizinya seimbang. 

Gimana, Mak? Dah kebayangkan kan cara membuatnya? Yakin deh, emak-emak lebih jago masyaak daripada eike, Hihi. Apalagi cuman masak ayam goreng doank, apa spesialnya? Hehe. 

Tapi beneran deh nih resep ada spesialnya. Mau tau? Spesialnya adalah sebelum masak baca doa dulu ya, Mak. Minimal, baca bismillah. Abis ntu, hati musti ikhlas masaknya. Jangan sambil marahin anak-anak apalagi ama bapaknya anak-anak, kaciaan kan. Ntar makanannya jadi mendadak pahit dan asem gara-gara dimanyunin emak pas lagi masakk. Hehe. Pokoknya masaknya musti pake love alias cinta. 

Ok dech, segitu aje dari eike, si emaks rempong. Thank you so much yach, udah mau nyimak. Selamat masak-masak ya, Mak! 

#KomunitasODOP
#OneDayOnePost
#ODOPBatch7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Mengikuti Educamp Bagi Anak

oleh Anne Heryane Foto:dok.pribadi Setiap orang tua tentu berharap anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Kecerdasan anak yang beragam perlu diasah untuk kesuksesannya kelak. Salah satu kegiatan yang mampu mengasah kemampuan berpikir, bersosialisasi, kemandirian, tanggung jawab, disiplin, dan kekuatan fisik anak adalah dengan kegiatan educamp. Kegiatan educamp merupakan kegiatan berkemah di alam terbuka yang diselenggarakan oleh pihak sekolah atau training center. Selain berkemah, anak-anak melakukan kegiatan hiking, memasak, dan permainan-permainan mendidik serta menantang lainnya yang membangun jiwa kepemimpinan anak.  Kegiatan berkemah di sekolah identik dengan kegiatan ekskul pramuka. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk anak-anak. Manfaatnya antara lain, Menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan alam sekaligus menjaganya dari kerusakan.  Melatih kemandirian, kedisiplinan, dan kepemimpinan  Mengasah kemampuan untuk mencari solusi dari setiap masalah yang di

Pekan Pertama Anak Bersekolah TK

                                  Foto: dok. pribadi Tiba saatnya yang ditunggu-tunggu, melihat anak pertama kali masuk sekolah di Taman Kanak-Kanak. Sebagai orang tua tentunya saya merasa antusias sekali menanti momen seperti ini. Begitu pula anak-anak yang akan melaksanakan kegiatan tersebut penuh semangat menyambut hari pertamanya bersekolah.  Kali ini yang masuk sekolah taman kanak-kanak adalah putra ketiga kami, namanya Muhammad Azzam. Alhamdulillah tak terasa waktu berlalu hingga sampailah saat di mana anak bungsu kami mulai memasuki pendidikan formalnya, yakni sekolah TK.  Kami memutuskan untuk menyekolahkan Azzam di TK Amanah Bunda jaraknya kira-kira 150 meter dari rumah. Cukup dekat memang. Sekolah ini memiliki konsep pendidikan yang bag us. Guru-gurunya lulusan universitas ternama. Meski letaknya di desa dan biayanya cukup ramah di kantong, kualitasnya tak kalah dengan sekolah TK di perkotaan.  Alhamdulillah Azzam sudah menginjak usia lima tahun sekarang. Azzam semangat sekal

My First 22 Kilometers (Pencapaian Pertama dalam Olahraga Bersepeda)

Cerita Pengalaman Oleh Anne Heryane Assalammualaikum Wr. Wb. Hello...everybody!  Sudah week end aja lagi nih. Semangat menjalani rutinitas ya! Jangan lupa sempatkan buat olahraga yess. Bagaimana pun sibuknya kamu, fisik harus terus dijaga supaya kondisi badan kamu tetap prima. Well, kali ini emak-emak rempong mau berbagi pengalaman berolahraga  sepeda nih. Sepertinya sih cucok buat materi tantangan ODOP pekan pertama. Let's rock, Baby! Siapa di sini yang suka bersepeda? Ayo tunjuk tangan. Rata-rata semua orang Indonesia dari yang imut-imut sampai yang amit-amit, eh..dari anak-anak, dewasa, sampai orang tua suka bersepeda. Setidaknya, pas kanak-kanak kamu suka main sepeda kan? Pastinya dong. Main sepeda itu asyiknya juara dah. Jangan bilang kalau terakhir kali kamu bersepeda pas usia SD atau SMP.  Hehe Bersepeda itu bukan cuma buat anak-anak loh. Bersepeda itu salah satu alternatif olahraga yang fun and healthy buat semua orang. Jangan merasa tua untuk b