Langsung ke konten utama

Misteri Rumah Kontrakan (Part 2)

Fiksi
oleh Anne Heryane
                                             Foto: www.viva.co.id

Keesokan paginya saat aku hendak berangkat ke sekolah. Ibu sedang menyapu halaman. Dia wanita setengah baya yang tampak lebih muda dari usianya. Aku meraih tangan kanan ibu lalu mencium punggung tangannya.

“Gani berangkat dulu ya, Bu. Oh iya, gelas bekas susu yang ibu kasih tadi malam udah Gani simpan di dapur.”

Ibu cuma bengong dan terheran-heran.

“Loh, kenapa, Bu?” tanyaku penasaran. 

“Hhmm…rasanya ibu tidak ke kamarmu kok tadi malam.” Pikiran ibu menerawang.

“Ah, masa Ibu lupa sih!” celetukku. 

“Seingat ibu, tak lama setelah salat Isya ibu merasa pusing lalu ibu pergi tidur.” Ibu tampak serius dengan perkataannya. Dahinya mengernyit sama sepertiku. 

Ada tanda tanya tersimpan di benakku. Aku mencoba tak menghiraukan kebingunganku ini. Aku pikir Ibu sudah mulai pikun. Jelas-jelas ibu yang datang semalam.

Lekas-lekas mataku menyoroti jam G shock merah yang melilit di pergelangan tanganku. 

“Ah, sudah siang rupanya” ujarku dalam hati.

“Maaf, Bu. Gani Buru-buru, takut terlambat. Dadah Ibu!” Aku melambaikan tangan sambil setengah berlari. Ibu pun membalas lambaianku disertai senyuman.

Aku berjalan kaki menuju SMA Mutiara Bandung. Letaknya sekitar satu kilometer dari rumah yang baru aku tempati selama sebulan. Dulu aku dan ibu tinggal di Jakarta. Namun, setelah ayah meninggal aku dan ibu pindah ke rumah kontrakan ini. Kami hidup dengan menggunakan uang pensiun ayah.  

Aku termasuk anak yang mudah bergaul. Baru sebulan di sini aku sudah memiliki beberapa teman dekat.

***

Usai bel pulang sekolah berbunyi. Aku menghampiri teman dekatku. Lalu, aku berjalan bersama dua kawanku, Iwan dan Asep yang rumahnya searah denganku. Biasanya aku pulang bersama Asep. Kebetulan Iwan hari ini tak dijemput ayahnya sehingga ia pulang bersama kami.

Sepanjang jalan kami mengobrol sambil sesekali bercanda. Kami juga membicarakan tugas-tugas sekolah yang menumpuk. Aku pun mengeluhkan tugasku yang belum selesai. Dan tanpa terasa akhirnya aku sudah berada di jalan depan rumahku. 

Iwan tampak kaget. Ia menatapku dengan mata membelalak. Ia baru tahu bahwa ternyata aku tinggal di rumah kontrakan yang telah lama kosong itu.

Rumah itu berukuran sedang. Tak besar tapi juga tak kecil. Terdapat teras berlantai keramik cokelat tua di depannya. Dinding rumah itu berwarna abu-abu. Pagarnya bercat hitam, namun pada sebagian batang pagar, catnya sudah terkelupas. Sebuah Pohon Kersen berdiri tegak di halaman rumah tersebut. Rumah itu memang tampak kusam dan agak menyeramkan jika dilihat dari luar. 

Selama ini aku merasa nyaman saja tinggal di rumah itu. Sampai keanehan kurasakan dari obrolanku tadi pagi bersama ibu. 

“Bro, emang enggak takut ya tinggal di rumah itu?” tanya Iwan.

“Emangnya kenapa?” sahutku.

“Rumah itu kan ada…ada…”

“Ada tikusnya.” Asep menimpali sambil terkekeh.

“Ahh…bukan. Rumah itu ada penunggunya," tegas Iwan.

“Dengar-dengar, dulu ada seorang wanita yang gantung diri di bawah pohon kersen itu.” tambahnya lagi.

Aku tercengang mendengar kata-katanya.

“Udah, ga usah didengerin Gan. Emang dasar si Iwan ajah penakut.” Asep mencoba menetralisir suasana hatiku. 

“Emang kamu berani masuk ke rumah dia?” Mata Iwan melirikku.

“Loh, siapa takut. Kenalin Nih Asep, Si jagoan dari kota kembang!” imbuhnya sambil sedikit membusungkan dan menepuk-nepuk dadanya.

Aku hanya menggeleng-gelengkan kepala melihat kelakuan mereka yang suka iseng menjahili temannya. Aku tak begitu menanggapi candaan mereka yang kekanak-kanakan.

Namun dalam hati aku menjadi sedikit resah mendengar omongan mereka. Apalagi semalam aku mengalami kejadian aneh.

“Ah sudahlah, aku mau istirahat dulu. Ayok siapa yang mau mampir," tawarku.

Iwan dan Asep saling menunjuk. Bahkan, Iwan menampakkan wajah yang ketakutan. 

“Ah, thanks Bro. Kapan-kapan ajah," seru Iwan sambil tersenyum getir.

“Iya, aku juga Gan. Harus cepet-cepet pulang. Soalnya ditunguin emak!” ujar Asep seakan kehilangan nyalinya.

“Ya sudah, sampai ketemu besok ya!” 

“Ok, Bro!”

Aku memerhatikan kelakuan mereka yang agak aneh. Mereka seperti lari terbirit-birit seakan ingin segera berada jauh dari rumahku. 

“Dasar bocah-bocah gila!” sungutku sambil tersenyum kecut. 

Aku membalikkan badanku hendak menuju rumah. Saat berjalan melewati pohon kersen itu. Samar-samar terdengar tangisan seorang wanita yang amat menyayat hati. 

"Huuhhuuu...huuuuuhhuuu...hiks...hiks... huhuuuu!" Suara tangisannya semakin jelas terdengar. 

Jantungku berdegup kencang. Keringat dingin bercucuran. Bulu kudukku seakan serentak berdiri. Langkah kakiku pun seolah terasa sangat berat. 

"Si...siapa...di situ?" ucapku terbata-bata. 

Aku mencoba menemukan sumber suara meski jantung berirama tidak normal. Aku memberanikan diri untuk menoleh ke arah pohon itu.  

Betapa terkejutnya aku. Di sana tampak berdiri sesosok wanita berjubah putih dengan rambut panjang terurai menutupi wajahnya. 

Ia melambai-lambai kepadaku disertai suara tawanya yang menyeramkan. 

"Hihiiii... Hihihi... Hihihi!"

Aku langsung memejamkan mata. Mulutku komat-kamit mengucapkan doa-doa. Tubuhku pun tiba-tiba saja terasa lunglai sampai aku tak ingat apa-apa lagi. 

***  


Baca cerita sebelumnya Misteri Rumah Kontrakkan

#KomunitasODOP
#OneDayOnePost
#ODOPBatch7
#FiksiHorror

Komentar

nyittt mengatakan…
Hyaaaaaa...aku bacanya pas malam malam pula 😥😥
Catatananne@blogspot.com mengatakan…
Hehe... Jangan lupa berdoa sebelum tidur ya ka!

Terima kasih sudah mampir
😊
eko endri wiyono mengatakan…
Keren sekali Kakak, sangat menginspirasi #semangat
Ezza Echa Tania mengatakan…
aku salfok sama suara tangisannya wanita itu. huuhuu hiks hiks..
Reno Danarti mengatakan…
Takut takut tapi oenasaran bacanya, lanjut yah... 🤩✊
Ashima Meilla Dzulhijjah mengatakan…
Penasaran, lanjut kak
Catatananne@blogspot.com mengatakan…
Hehe...masih penasaran ya ka
😁
Dengar-dengar, dulu ada seorang wanita yang gantung diri di bawah pohon kersen itu.” tambahnya lagi.

"---[,]" tambahnya lagi.

Lanjutkan mba anne

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Mengikuti Educamp Bagi Anak

oleh Anne Heryane Foto:dok.pribadi Setiap orang tua tentu berharap anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Kecerdasan anak yang beragam perlu diasah untuk kesuksesannya kelak. Salah satu kegiatan yang mampu mengasah kemampuan berpikir, bersosialisasi, kemandirian, tanggung jawab, disiplin, dan kekuatan fisik anak adalah dengan kegiatan educamp. Kegiatan educamp merupakan kegiatan berkemah di alam terbuka yang diselenggarakan oleh pihak sekolah atau training center. Selain berkemah, anak-anak melakukan kegiatan hiking, memasak, dan permainan-permainan mendidik serta menantang lainnya yang membangun jiwa kepemimpinan anak.  Kegiatan berkemah di sekolah identik dengan kegiatan ekskul pramuka. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk anak-anak. Manfaatnya antara lain, Menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan alam sekaligus menjaganya dari kerusakan.  Melatih kemandirian, kedisiplinan, dan kepemimpinan  Mengasah kemampuan untuk mencari solusi dari setiap masalah yang di

Pekan Pertama Anak Bersekolah TK

                                  Foto: dok. pribadi Tiba saatnya yang ditunggu-tunggu, melihat anak pertama kali masuk sekolah di Taman Kanak-Kanak. Sebagai orang tua tentunya saya merasa antusias sekali menanti momen seperti ini. Begitu pula anak-anak yang akan melaksanakan kegiatan tersebut penuh semangat menyambut hari pertamanya bersekolah.  Kali ini yang masuk sekolah taman kanak-kanak adalah putra ketiga kami, namanya Muhammad Azzam. Alhamdulillah tak terasa waktu berlalu hingga sampailah saat di mana anak bungsu kami mulai memasuki pendidikan formalnya, yakni sekolah TK.  Kami memutuskan untuk menyekolahkan Azzam di TK Amanah Bunda jaraknya kira-kira 150 meter dari rumah. Cukup dekat memang. Sekolah ini memiliki konsep pendidikan yang bag us. Guru-gurunya lulusan universitas ternama. Meski letaknya di desa dan biayanya cukup ramah di kantong, kualitasnya tak kalah dengan sekolah TK di perkotaan.  Alhamdulillah Azzam sudah menginjak usia lima tahun sekarang. Azzam semangat sekal

My First 22 Kilometers (Pencapaian Pertama dalam Olahraga Bersepeda)

Cerita Pengalaman Oleh Anne Heryane Assalammualaikum Wr. Wb. Hello...everybody!  Sudah week end aja lagi nih. Semangat menjalani rutinitas ya! Jangan lupa sempatkan buat olahraga yess. Bagaimana pun sibuknya kamu, fisik harus terus dijaga supaya kondisi badan kamu tetap prima. Well, kali ini emak-emak rempong mau berbagi pengalaman berolahraga  sepeda nih. Sepertinya sih cucok buat materi tantangan ODOP pekan pertama. Let's rock, Baby! Siapa di sini yang suka bersepeda? Ayo tunjuk tangan. Rata-rata semua orang Indonesia dari yang imut-imut sampai yang amit-amit, eh..dari anak-anak, dewasa, sampai orang tua suka bersepeda. Setidaknya, pas kanak-kanak kamu suka main sepeda kan? Pastinya dong. Main sepeda itu asyiknya juara dah. Jangan bilang kalau terakhir kali kamu bersepeda pas usia SD atau SMP.  Hehe Bersepeda itu bukan cuma buat anak-anak loh. Bersepeda itu salah satu alternatif olahraga yang fun and healthy buat semua orang. Jangan merasa tua untuk b